Dalam menyusun Laporan Studi Kelayakan Usaha, tentunya perlu di dukung dengan data-data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Berikut ini akan ditampilkan contoh kebutuhan data (kuesioner) untuk proyek Studi Kelayakan Pembangunan Hotel:
Data / dokumen yang dibutuhkan dalam penyusunan studi kelayakan proyek Renovasi Hotel ________________________ oleh PT. _______________________ dalam rangka pengajuann kredit Investasi / kredit modal kerja adalah sebagai berikut :
1. Nama Hotel _____________________
2. Kelompok hotel bintang (satu/dua/tiga/empat/lima)
3. Gambar design / layout Hotel (gambar existing dan gambar renovasi)
4. Skedul pembangunan hotel yang dilakukan :
a. Periode konstruksi bangunan hotel :
· Pekerjaan struktur bangunan ( bulan _____ s/d _____ tahun _____)
· Pekerjaan Lanscape (bulan ____ s/d _____ tahun ____)
· Pekerjaan Arsitektur (bulan _____ s/d _____ tahun ____ )
· Pekerjaan Furniture & accessories (bulan _____ s/d _____ tahun _____)
· Pekerjaan ME (bulan ____ s/d _____ tahun _____)
b. Launching (bulan _____ tahun _____)
c. Komersial (bulan _____ tahun _____)
5. Pengeluaran biaya (RAB) untuk pembangunan Hotel yang , meliputi :
a. Biaya pembangunan fisik
b. Biaya arsitektur
c. Biaya furniture & accessories (termasuk restaurant, ruang meeting dll)
d. Biaya ME
e. Inventaris kantor
f. Kendaraan.
g. Dll
RAB harap disertai dengan BQ (bill of quantity) yang berasal dari kontraktor
Porsi pendanaan untuk Cost of Project (COP) tersebut : _____% pinjaman, _____% modal sendiri.
a. Pinjaman KI yang diajukan sebesar Rp ____ juta dan KMK sebesar Rp ____ juta
b. Pinjaman direncanakan ditarik pada _______ (KI) dan _________ (KMK)
c. Jangka waktu angsuran ...... tahun.
d. Tingkat suku bunga KI _____%
e. Tingkat suku bunga KMK _____ %
f. Grace Period
6. Manajemen hotel dikelolah sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain ?
Jika bekerjasama dg pihak lain, mohon surat kontraknya / MOU dilampirkan.
7. Data perseroan, meliputi :
a. Foto Copy Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahannya.
b. Curriculum Vitae pengurus (direksi dan komisaris).
c. Struktur organisasi Perusahaan & job diskripsinya.
d. Rencana SDM, meliputi jumlah karyawan Hotel berdasarkan jabatan atau fungsinya dan rencana gaji yang diberikan dalam sebulan
e. Laporan keuangan Perusahaan tahun 2007s/d 2010 (audit).
f. Foto Copy Legalitas lainnya (NPWP, ITUP (Izin Tempat Usaha Pariwisata), SIUP, Fatwa Planologi)
g. Batas wilayah Hotel dan potensi wilayah sekitar hotel (Gambaran detail lokasi hotel dan aksesibilitasnya)
h. Copy akta tanah lokasi hotel.
8. Pendapatan Kamar
a. Jenis kamar
b. Room rate
c. Jumlah kamar hotel (existing dan new)
d. Data tingkat hunian hotel sejak hotel berdiri sampai dengan sekarang.
9. Peruntukan ruangan yang dioperasikan selain kamar, seperti :
- Ruang Meeting
· Kapasitas / jumlah orang per ruang
· Jenis ruang rapat dan tarif sewa per ruang
· Rencana penjualan (occupancy rate) ruang meeting yang disewakan
- Toko
· Rencana penjualan (omzet)
· Beban Pokok Penjualan barang dagangan (% dari penjualan)
- Restaurant
· Kapasitas orang per ruang
· Tarif per orang (breakfast, lunch, dinner)
- Lain-lain (seperty gym, cofee shop dll)
· Penjelasan seperti ruangan yang lain untuk masing-masing peruntukan.
Jika peruntukan ruang tersebut diatas, tidak ada investasi furniture, maka diasumsikan ruangan tersebut disewakan.
Comments